Selamat Hari Batik Nasional 2020, Sahabat Mido. Corak batik yang indah dan beragam menjadi representasi bangsa Indonesia yang bersatu dan saling melengkapi. Tidak hanya mencerminkan keindahan, batik pun memiliki filosofi tersendiri sebagai identitas dan warisan budaya Nusantara.

Sebelas tahun lalu, 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya takbenda. UNESCO menilai bahwa teknik, simbol, dan budaya batik melekat dengan jalan panjang kebudayaan Indonesia.
ada naskah yang disampaikan, batik merupakan teknik menghias kain yang mengandung nilai, makna, dan simbol-simbol budaya karena sejatinya batik adalah sebuah proses dan memiliki nilai lebih dari selembar kain bermotif.

Sebelumnya, berdasarkan proposal File Nomination Batik Indonesia Reference No. 00170, 2009, yang diajukan ke UNESCO pada 4 September 2008, disebutkan bahwa batik indonesia berhasil masuk dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO (the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), yaitu badan di bawah perserikatan bangsa-bangsa yang mengurusi kebudayaan.

Proses penetapannya pun terbilang cepat karena Indonesia mengajukannya ke UNESCO pada September 2008. Pada Januari 2009, UNESCO menerima pendaftaran tersebut secara resmi dan dilakukan pengujian tertutup di Paris pada Mei di tahun yang sama. Sejak itu, setiap tanggal 2 Oktober 2020 diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Sahabat Mido sedang pakai batik apa hari ini? Yuk, pakai batikmu dengan bangga. Batik mempersatukan kita, lestari budaya bangsa.

KiBAR #imigrasijakartabarat #haribatiknasional