1. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Paperless E-Perdim

Berangkat dari semangat untuk lebih memudah dan mempercepat pelayanan keimigrasian, maka hadir inovasi paperless e-perdim. Inovasi ini memudahkan masyarakat karena kini, tidak lagi harus mengisi PERDIM secara manual pada kertas, pengisian PERDIM secara manual pada kertas ini umumnya memakan durasi yang cukup lama dan merepotkan pemohon paspor. Dengan inovasi ini, layanan paspor menjadi lebih ringkas, lebih cepat dan lebih mudah. Pemohon tidak lagi mengisi PERDIM, secara manual pada kertas, karena petugas langsung melakukan input pada sistem informasi keimigrasian. Tidak hanya itu, inovasi ini juga mendukung budaya ramah lingkungan, karena mampu mengurangi penggunaan kertas yang tentunya akan lebih melestarikan alam dan lingkungan.

2. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Paperless E-Billing

Pada saat selesai melakukan proses wawancara paspor, pemohon paspor akan diberikan billing berupa kertas yang di dalamnya terdapat kode bayar untuk pembayaran paspor baik di Bank maupun PT POS Indonesia. Hal tersebut bisa menjadi kelemahan, karena kertas tersebut bisa hilang ataupun rusak. Namun, Kantor Imigrasi Jakarta Barat menghadirkan inovasi Paperless E-Billing, yang mana kode pembayaran dikirimkan melalui SMS , tidak lagi berupa kertas yang mudah tercecer.  Di samping itu, tentu saja hal ini mendorong program pemerintah untuk lebih ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.

3. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Whistle Blowing System

Menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi adalah tekad dari Kantor Imigrasi Jakarta Barat, aplikasi Whistle Blowing System ini merupakan wujud nyata dari Kantor Imigrasi Jakarta Barat untuk berkomitmen penuh menanggapi setiap laporan atas pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Dapat diakses melalui tautan berikut.

4. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Antrian BAP

Kepastian layanan menjadi tuntutan masyarakat kepada institusi pemerintahan, dan salah satu bentuknya adalah dengan menggunakan Antrian Proses Berita Acara Pemeriksaan dengan menggunakan Teknologi Informasi. Transparansi dan Keterbukaan Informasi Publik dapat terpenuhi dengan aplikasi ini. Layanan menjadi lebih nyaman, terjamin, tertib dan teratur.

5. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Pengecekan BAP

Proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada umumnya terkait pemeriksaan paspor rusak maupun paspor hilang yang perlu dilakukan peninjauan oleh bidang terkait, Demi menjamin kepastian layanan keimigrasian, Kantor Imigrasi Jakarta Barat menghadirkan inovasi Pengecekan Proses BAP, sehingga masyarakat dapat memantau setiap prosesnya sudah melalui tahapan mana. Transparansi informasi publik juga menjadi syarat penting untuk menumbuhkan integritas institusi. Dengan melakukan pengecekan mandiri, masyarakat yang sedang melakukan proses BAP, dapat mengetahui waktu untuk kembali ke Kantor Imigrasi untuk melanjutkan proses permohonan layanan keimigrasiannya. Dapat diakses melalui tautan berikut.

6. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi SMS Gateway

Dengan inovasi ini, pemohon paspor yang akan mengambil paspornya tidak harus bolak-balik tanpa kepastian layanan, karena setiap pemohon paspor akan mendapatkan informasi mengenai penyelesaian permohonan paspor baik itu tanggal pengambilan maupun jam pengambilannya, tertera dengan jelas pada SMS yang dikirimkan. Dengan menunjukkan bukti SMS dan bukti pembayaran, pemohon paspor mendapat jaminan bahwa paspor sudah dapat diambil.

7. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Aplikasi Pantau Ruang Server

Di era teknologi digital, server merupakan barang vital dalam mendukung berjalannya Sistem Informasi Keimigrasian yang sedang berjalan. Layanan dapat berjalan dengan lancar, jika prasyarat seperti terjaganya ketahanan ruang server juga terpenuhi. Dengan aplikasi untuk memantau ruang server ini, petugas dapat menjamin bahwa ruangan tempat penyimpanan server berada pada kondisi terbaik seperti suhu dan kelembaban yang sesuai, sehingga proses pelayanan publik tidak ada yang terganggu. Ini juga bisa menjadi sebuah peringatan untuk tim teknis imigrasi segera tindaklanjuti jika terjadi kondisi yang tidak ideal pada ruangan server, seperti peningkatan suhu maupun peningkatan kelembaban yang dapat merusak server ini sendiri.

8. Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Absensi Mobile

Aplikasi ini dapat melihat absensi dan memberikan statistik terhadap kehadiran seluruh pegawai di Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Aplikasi ini secara real-time terkoneksi dengan seluruh finger print mesin absen yang terdapat di Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Aplikasi ini menjadi salah satu sistem perekomendasi dalam rangka program reward dan punishment pegawai imigrasi untuk lebih meningkatkan kompetensi dan partisipasi aktif seluruh pegawai imigrasi Kantor Imigrasi Jakarta Barat.