Jakarta, Jumat (07/08/2020), Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat mengadakan kegiatan Rapat Dalam Kantor (RDK) dengan tema Penguatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap dan Prekursor Narkotika (P4GN) di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat. RDK tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta serta Kepala Kantor Imigrasi, Pejabat Struktural, dan Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat. Kegiatan ini dihadiri pula oleh beberapa orang perwakilan dari UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Rapat Dalam Kantor dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Amran Aris, S. Sos. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang bahaya jenis-jenis narkoba baru yang harus diketahui para petugas imigrasi, terutama bagi bagian pengawasan orang asing yang dekat dengan dunia malam. Beliau berpesan agar para Aparatur Sipil Negara selalu berhati-hati dan menghindari narkoba.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Afib Rizal, Penyuluh Narkoba Ahli Pertama dari BNN Provinsi DKI Jakarta. Materi yang disampaikan adalah mengenai Peredaran Narkotika dan Bahayanya Bagi Generasi Muda Indonesia. Beliau menyampaikan informasi terkini tentang narkoba jenis-jenis baru dengan modus-modus kamuflase baru. Jenis narkoba yang tidak umum ini patut menjadi perhatian masyarakat karena belum banyak diketahui oleh khalayak awam, sehingga bisa lebih mudah terjadi penyalahgunaan. Beliau juga memaparkan kondisi terkini data persentase pengguna narkoba yang 77%-nya adalah pekerja, bergeser dari tren terdahulu yang didominasi oleh pengangguran. Afib juga mengingatkan untuk senantiasa menjaga diri dan lingkungan dari bahaya narkoba, terutama dimulai dari unit terkecil masyarakat yaitu keluarga. Sisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga dan ciptakan kehangatan di rumah agar anak-anak dan orang tua bisa terhindar dari pengaruh buruk di luar sana.